Prologue:

Udah lama banget ga update ini blog. Hari ini saya mau berbagi tentang pengalaman interview kerja hari ini.

Background story :
Memasuki tahun 2010, saya mulai berpikiran untuk pindah kerja dengan alasan tertentu yang tidak saya utarakan disini. Walaupun saya dapat beberapa tawaran tetapi setelah ditelusuri ternyata tidak lebih baik dari tempat yang sekarang, malah lebih parah lagi dalam 1 kasus tertentu ada yang sampai turun level.

Nah dengan referensi teman, kali ini saya dipanggil interview di salah 1 perusahaan IT consultant skala kecil.

Story start:

Pagi2 siapin jas, kemeja, dasi dan perlengkapannya. Terus terang ini sudah hampir 2 tahun lebih saya tidak pakai jas dan dasi dan kemeja. Berhubung tempat kerja yang sekarang ada seragam kerja dan celana jeans pun ok2 aja.

Jas yang saya beli 2 tahun lalu disini akhirnya ada kesempatan untuk dipakai. Waktu itu saya beli 2 stel. hari ini saya pakai 1. berarti masih ada 1 lagi yang belum pernah saya pakai.

Setelah makan pagi, mempersiapkan dokumen2, gambar peta menuju lokasi, jam kereta dll. akhirnya berangkat.

Saya sengaja tiba 1 jam lebih awal dari waktu interview sebab ini masih daerah baru untuk saya dan akhirnya saya telusuri dulu dimana letak pasti perusahaannya. Setelah itu habisin waktu di mall dekat situ.

Yang menarik dari lokasinya adalah. sebenarnya ini bukan lokasi perkantoran, akan tetapi lokasi perumahan biasa dimana tidak terlihat gedung kantor sama sekali. setelah menelusuri jalan kecil diantara perumahan penduduk. tiba2 terlihat gedung 3 lantai yang merupakan perusahaan sasaran.

Setelah waktu nya tiba. akhirnya masuk ke dalam. disambut dengan resepsionis di lantai 1. dan segera dipandu ke tempat duduk untuk interview. tidak lama kemudian datang 2 orang interviewernya.

Awalnya dikasih brosur dan mereka mulai menjelaskan perusahaan apa sih ini dan latar belakang lainnya. setelah itu diikuti dengan tour ke seluruh 3 lantai dan kembali ke tempat awal.

nah keadaan mulai kacaunya disini. disini saya pikir saya bakal ditanya interviewer macam2 seperti kenapa mau masuk kesini, kenapa mau pindah kerja kenapa dll. Akan tetapi sama sekali tidak ada singgungan tentang itu tiba2 langsung dikasih test soal mat.

Dari informasi yang saya tanya2 dengan kenalan2 bahwa di interview biasanya walau ada soal mat pun bukan soal yang susah2. karena biasanya katanya mereka hanya kasih soal gampang tapi dalam jumlah yang sangat banyak biar kita kewalahan.

begitu saya buka lembaran soalnya. waaah. ternyata bukan soal gampangan juga. saya sudah bertahun2 tidak mengasah keahlian mat, dan memang tidak begitu bagus mat saya. tiba2 skarang dalam waktu singkat harus mengerjakan soal pecahan, pembagian angka ganjil, probabilitas, cos sin, rumus x kuadrat, xy kuadrat dll yang walaupun pernah saya pelajari semua waktu sekolah tapi bener2 sudah lupa semua.

tapi the show must go on. maka sebisa saya ya saya coba hajar soalnya. setelah itu ada sedikit aptitude test dan interview hari ini berakhir.

kalau dibilang hari ini bukan interview karena saya tidak ditanyakan apa2 sama sekali, saya bahkan tidak mengeluarkan dokumen2 penunjang yang saya bawa. dan sepertinya mereka sama sekali tidak berminat untuk bertanyan mengenai saya lebih jauh sebelum menilai hasil test hari ini.

Jadi akhirnya hari ini benar2 diluar dugaan, yang tadinya saya udah siapkan untuk sesi tanya jawab wawancara, eh ternyata bener2 datang hanya untuk menjawab soal test dan pulang. karena panggilan berikutnya ditentukan dari hasil test itu.

Penutup :

Akan tetapi hari ini saya menambah pengalaman menarik saya di dunia wawancara kerja. Lulus test atau tidaknya tidak menjadi pikiran saya sebab setelah dilihat skala perusahaan nya, walaupun saya diterima juga belum tentu bisa mendapat benefit yang lebih baik dari sekarang dan dilihat dari perkiraan hasil test mat yang ancur2an, ada kemungkinan kesempatan yang disini sudah habis hahaha.

Epilogue:

Oh iya saya cukup beruntung hari ini sebab skarang kan lagi musim pancaroba menuju summer, dimana cuaca biasanya panas sekali, atau hujan terus menerus. tapi saya sangat beruntung karena hari ini cuacanya berawan. jadi tidak usah hujan2an pakai payung sambil pakai jas, dan juga tidak terlalu kepanasan karena harus pakai jas di musim summer ini. walaupun di tengah perjalanan saya lepas juga jasnya karena terlalu panas hehehe.

