Berikut saya sharing pengalaman saya di hari pertama Indocomtech 2014 yaitu tgl 29 oktober 2014.

Background

Berawal dari handphone BB Onyx 2 saya yang sepertiya mulai ngadat setelah dipakai hampir 4 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti hp baru. Saya sendiri bukan tipe yang suka gonta ganti HP tiap kali ada type baru Launching. Jadi saya butuh sesuatu yang bisa tahan lumayan lama.

Setelah Browsing di internet sebelum ke Indocomtech, akhrinya saya list beberapa smartphone yang saya tertarik miliki.

  • Oppo Find 7a
  • LG G3
  • LG Nexus 5
  • Sony Xperia Z2

Sebenarnya Galaxy S5 juga masuk radar saya, tapi harganya tidak masuk karena masih kepala 7.

Hari H

  1. Oppo Find 7a
    Ternyata harga di pameran maupun di luar pameran pun sama persis yaitu di 6 jt, bedanya cuma dapat power bank saja.
    Insentif utk beli terus terang semakin berkurang gara2 ini. Dan sebenarnya ukurannya juga agak kebesaran untuk saya.
  2. LG G3
    Booth yang melayani saya lumayan friendly, tapi karena saya tahu review baterenya tidak bagus, saya iseng2 tanya dan gali terus tentang baterenya, akhirnya salah satunya berkata bahwa dia butuh minimal 2 kali charge dalam 1 hari pemakaian (heavy Whatsapp user tanpa henti). Disini interest saya mulai berkurang.

    Untuk harga yang termurah yang saya tanya adalah 6.490.000 dan bonusnya juga lumayan. Tapi ternyata saya cek di booth lain kalau pakai BRI bisa dengan harga 6.199.000 dengan bonus yang lebih banyak. Karena saya bukan pengguna BRI, jadi saya tidak mungkin dapat penawaran terbaik, sehingga merasa kurang “kena” kalau beli ini.

  3. LG Nexus 5
    Walaupun satu perusahaan dengan tempat saya tanya LG G3, tapi staff yang melayani waktu saya tanya2 ttg Nexus 5 beda orangnya. Dan dinilai dari sikapnya seakan-akan tidak niat sama sekali jual Nexus 5 ini, apalagi katanya barangnya tidak ada dan ga tahu kapan bisa sampe di pameran ini. Jadi intinya saya skip.
  4. Sony Xperia Z2
    Sebenarnya bukan prioritas tertinggi di list saya, tetapi setelah saya test ternyata lumayan responsif. Beda dengan LG G3 yang pas saya test terkadang masih terlihat lag sedikit. Saya sering pinjam produk Apple milik orang lain, jadi mungkin terbiasa dengan respon yang cepat untuk touch screen.

    Namun ada kelemahannya, yaitu batere tanam (tidak remove-able) dan kualitas Camera selfie yang jauuuuuuh banget dibawah Oppo find 7a dan LG G3.

    Tapi ternyata dari sisi harga saya mendapatkan harga terbaik di pameran ini. Ditambah dengan staff yang lumayan friendly dan tidak terkesan sombong, walaupun pengetahuan masih salah2 karena saya kan udah cek dulu barangnya di internet. Akhirnya saya putuskan Beli ini. BRI saja yang sponsor utama , promonya adalah Z2 dengan harga 6.5 juta. Lalu di booth2 lain ada yang 7 jt. dan ada 1 lagi yang 6.2 jt dgn BCA, tapi di booth tempat saya coba pertama kali tetap yang paling murah yaitu dengan 6 jt (sebenarnya 5,999,000).

    Dari sisi harga dan spec, ini baru kerasa puas beli barang di pameran dapat barang premium dengan discount besar. Apalagi pas saya beli ternyata dinomorin, jadi ternyata unitnya dibatasin cuma bbrp buah saja untuk promo cashback ini (kalau tidak salah 3 unit perhari selama pameran). Feeling beli barang di pameran jadi “kena” banget.

Setelah decide barangnya kemudian masuklah antrian, ternyata di tempat saya beli ini Antriannya PUAARAHH, karena di tempat saya beli ini dia juga ada clearance sale 80% untuk barang2 ex-service dan pernah reject. Walaupun antrian untuk clearance sale dan reguler dipisah, tapi tetap saja regulernya juga lama. Apalagi ternyata mesin EDC untuk debit bca sempat bermasalah dan internetnya pun sempat down, sehingga banyak yang dilakukan dengan manual. Setelah antri 1 jam lebih akhirnya dapat juga (bapak2 yang antri di belakang saya sampai ngamuk dan tinggalin antrian karena kelamaan).

Special Note

Sebenarnya di Booth Samsung sedang ada Trade In program juga. Jadi untuk BB Onyx 2 saya, ternyata kalau di trade in dengan samsung S5, saya hanya tambah 6 jt. Tapi sayang sekali karena sudah ada dead pixel di BB saya, ternyata barang saya di reject dan dinyatakan tidak bisa untuk trade in.

Conclusion

Ini pendapat pribadi saya aja. tapi kalau anda mau hunting barang premium dengan harga discount di Indocomtech 2014. Maka Sony Z2 dengah harga 6 jt menurut saya adalah salah satu pilihan terbaik di pameran ini. Asalkan anda bisa rela selfie dengan camera 2.2 mp dan batere tidak removeable.

In other note, apabila anda pengguna BRI card, mungkin LG G3 seharga 6.2 jt dengan bonus yang banyak bisa menjadi point menarik utk anda.

